Tausiyah Qobliyah Dzuhur di Sampaikan Ustadz Chairul Ichwan S.PDI

Riau206 Dilihat

Tekadnews.com lPekanbaru – Sholat adalah kewajiban yang harus dikerjakan oleh umat Islam. Allah SWT dan Rasul-Nya mewajibkan sholat maka pastilah di dalam sholat itu ada manfaat yang sangat besar bagi manusia yang mengerjakannya.

Salah satu manfaat besar dari sholat adalah diampuninya dosa-dosa. Dari Sayyidina Abu Dzar Radhiyallahu anhu bahwasanya baginda Nabi Muhammad SAW pernah keluar dari rumahnya ketika musim gugur di saat daun-daun berguguran dari pepohonan.

Rasulullah SAW mengambil setangkai ranting pohon, dan daun-daunnya langsung berguguran. Beliau berkata, “Wahai Abu Dzar.” Abu Dzar menjawab, “Labbaik (Aku siap sedia), ya Rasulullah.”

Demikian Tausiyah Qobliyah Dzuhur yang di sampaikan oleh Ustadz Chairul Ichwan SPDI sekira pukul 12.30 Wib  di masjid Al-Mizan Kejaksaaan Tinggi Riau  Selasa (28/11/2023).

Selanjutnya Ust. Chairul Ichwan, S. PDI menyampaikan bahwa pada musim gugur, begitu banyak daun-daun berguguran dari pohonnya sehingga ada sebagian pohon yang daunnya tidak tersisa sehelai pun.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Hasil sholat yang dikerjakan dengan ikhlas, semua dosa diampuni hingga tidak ada satupun yang tersisa”.

Ada satu hal yang perlu direnungkan, tambah ustadz Chairul Ichwan, menurut para ulama, berdasarkan kesimpulan dari ayat-ayat Alquran dan hadits-hadits, sholat dan ibadah-ibadah yang lain hanya menghapus dosa-dosa kecil.

Sedangkan dosa-dosa besar tidak dapat diampuni tanpa bertobat secara khusus. Oleh sebab itu, selain mengerjakan sholat, hendaknya kita selalu bertaubat dan beristighfar, jangan sampai kita melalaikannya, pesan Ustadz Chairul Ichwan mengakhiri.

Terpisah, Kasi Penkum Kejati Riau Bambang Heripurwanto SH., MH., saat dikonfirmasi terkait Kegiatan Tausiyah Qobliyah Dzuhur membenarkan bahwa kegiatan tersebut berjalan tertib dan lancar.

Tausiyah Qobliyah Dzuhur yang diikuti oleh pegawai beragama Islam dilingkungan Kejaksaaan Tinggi Riau terlaksana dengan tertib, aman dan lancar, tutur Kasi Penkum Kejati Riau Bambang Heripurwanto.(Kar)