Bupati Rohil Buka Secara Resmi Musrenbang Kabupaten Dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun 2025

Rohil44 Dilihat

 

Tekadnews.com l Rohil — Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong buka secara resmi kegiatan Musyawarah pembangunan daerah (Musrenbang) Tingkat Kabupaten dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Rohil Tahun 2025, Selasa (2/4/2024) di gedung Misran Rais Jalan Utama Bagansiapiapi Rohil, Provinsi Riau.

Pelaksanaan Musrenbang Kabupaten tahun 2024 dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2024 di katakan Afrizal Sintong merupakan media penyusunan komitmen seluruh stakeholder pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi dalam perencanaan, penyusun, pelaksanaan dan pengawasan, merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (RAPD).

” Dalam penyusunan RKPD, langkah awal perlu dilakukannya forum konsultasi publik. Dengan forum ini diharapkan mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur, terarah, akuntabel serta dapat menjawab isu – isu strategis yang ada,” kata Afrizal Sintong.

Lanjutnya,” Kemudian tahapan berikutnya dengan melakukan Musrenbang di tingkat Kepenghuluan dan Kecamatan dengan harapan dapat menyerap aspirasi langsung dari masyarakat melalui Datuk/Datin Penghulu yang disampaikan melalui Musrenbang tingkat Kecamatan sehingga aspirasi tersebut nantinya dapat terakomodir dan akan di integrasikan dengan program – program prioritas, isu strategis serta sasaran pembangunan Kabupaten Rohil Tahun 2025,” terangnya.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan bahwa penyusunan RKPD Rohil Tahun 2025 harus disesuaikan dengan visi Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2021-2026 yaitu menuju Rokan Hilir yang maju, relegius dan berbudaya, berbasis infrastruktur dan perekonomian yang handal.

” Penyusunan RKPD ini diharapkan semua yang berskala prioritas dan sesuai dengan visi misi kabupaten Rokan Hilir 2021-2026, dimana program prioritas meliput peningkatan sektor pertanian, peningkatan kesejahteraan, Pendidikan, Kesehatan serta peningkatan Infrastruktur.,” harapnya.

Kepala Bappeda Rohil, Zuhri melalui ketua pelaksana Musrenbang yang juga sebagai Sekretaris Bappeda Junardi, SE menyampaikan bahwa Pelaksanaan Musrenbang Kabupaten tahun 2024 dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2025 merupakan media penyusunan komitmen seluruh stakeholder pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi dalam perencanaan, penyusun pelaksanaan dan pengawasan, merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (RAPD).
Dimana Musrenbang tingkat Kabupaten tahun ini mengangkat tema ” meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui penguatan sektor keunggulan daerah dengan tata kelola pemerintahan yang baik dan didukung daya saing daerah yang kompetitif dan ramah lingkungan,” pungkasnya.

Junardi juga mengatakan bahwa Musrenbang tingkat Kabupaten ini dilaksanakan dimana sebelumnya sudah melalui persiapan dengan tahapannya seperti pelaksanaan forum konsultasi publik penyusunan rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Tahun 2025 yang diselenggarakan oleh Bappeda Rohil pada tanggal 13/02/2024 lalu, dengan mengundang tenaga akademisi tokoh masyarakat, dan seluruh OPD.

Kemudian tahapan berikutnya adalah dilaksanakan nya kegiatan Musrenbang di setiap Kecamatan untuk menyerap langsung aspirasi masyarakat di setiap kepenghuluan yang dimulai pada tanggal 19 Pebruari 2024 sampai 5 Maret 2024. Kemudian dilaksanakan forum OPD yang di selenggarakan mulai 5 Maret 2024 – 15 Maret 2024 di masing- masing OPD.

Junardi berharap agar pada penyusunan RKPD Tahun 2025 ini nantinya, para kepala OPD diharapkan dapat mengakomodir OPD nya masing-masing, apa yang menjadi program prioritas dalam pembangunan harus dimasukan.

Hadir pada acara musrenbang Kabupaten Rohil, Bupati Afrizal Sintong, Ketua DPRD Maston, Dandim 0321 Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara, Kajari Yuliarni Appi, Kapolres AKBP AKBP Andrian Pramudianto, Sekda sekdakab Fauzi Efrizal, Sekwan Sarman Syahroni, seluruh kepala OPD, Komisioner BUMD, Perbankan, Seluruh Camat se Rohil, Lurah, Datuk/Datin Penghulu serta tokoh masyarakat dan organisasi.

Usai menyampaikan kata sambutan dan membuka secara resmi kegiatan Musrenbang dan memberikan(Rls)

.