Bupati Rohil Buka Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten

Rohil65 Dilihat

Rohil – Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP secara langsung membuka bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten yang dipusatkan di Gedung Misran Rais, Bagansiapiapi, Senin (6/5/2024).

Dalam bimbingan Manasik Haji yang bertemakan “Wujudkan Jemaah haji yang mandiri, berkualitas dan ramah lansia menuju haji Mabrur” itu, Kemenag Rohil mendatangkan narasumber dari Provinsi Riau.

Dimana, pembukaan manasi haji tingkat Kabupaten tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH, Sekda Rohil Fauzi Efrizal, Plt Kakan Kemenag Rohil H Khairul, Kasi Datun Kejari Rohil, Ketua PKK Sanimar Afrizal, para Asisten, Kepala OPD, ketua LKAMR Nasrudin Hasan, Pasi Pers Kodim 0321 Rohil Letda Inf Dedek, serta berbagai unsur lainnya.

Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa, kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya yang bersumber dari APBD.

Ia menjelaskan, manasik tersebut diikuti sebanyak 282 Jamaah dan akan dilaksanakan dari tanggal 5 hingga 8 mei 2024.

“Jamaah termuda dari Rohil berusia 20 tahun dan tertua 81 tahun. Manasik akan dilaksanakan dari 5 hingga 8 Mei 2024,” katanya.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh jamaah haji yang mengikuti kegiatan manasik tersebut.

Bupati mengajak para jamaah untuk mengucapkan rasa syukur yang tak terhingga kepada Allah atas berkah yang telah diberikan karena para jamaah bisa berangkat menunaikan ibadah haji.

Bupati juga meminta kepada seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan manasik dengan sebaik-baiknya. Sebab kata Bupati , bimbingan manasik ini merupakan tuntutan dalam melaksanakan ibadah haji.

“Ambil ilmu yang diberikan oleh narasumber, sebab manasik ini merupakan bagaimana tata cara ibadah haji sesuai dengan syariat islam. Jaga kesehatan dan bersihkan hati,” paparnya.

Bupati menambahkan, keberangkatan jemaah haji Kabupaten Rohil tahun 2024 mengalami perubahan. Dimana terangnya, pada tahun sebelumnya keberangkatan dilakukan dari Pekanbaru dan untuk tahun ini keberangkatan dilakukan dari Dumai menuju Batam.

“Ada 282 jamaah yang mengikuti kegiatan manasik. Kita Pemda Rohil setiap tahunnya tetap menganggarkan untuk keberangkatan dan pelaksanaan manasik haji. Tadi kita juga menyerahkan bantuan dari pemerintah daerah sebesar 150 riyal bagi setiap jamaah. Sekali lagi kami ucapkan selamat dan tetap jaga kesehatan,” pungkasnya .

Plt Kakan Kemenag Rohil H Khairul menyebutkan, sebelumnya jumlah jamaah haji Rohil ada 280 orang. Namun, mendapatkan tambahan dari pusat sebanyak 2 orang. Sehingga, secara keseluruhan menjadi 282 jemaah.

“Alhamdulillah secara keseluruhan jemaah haji kita siap untuk berangkat. Seluruh persyaratan juga sudah lengkap hanya tinggal menunggu pembagian cover,” katanya.

Dalam pelaksanaan manasik haji tingkat Kabupaten ini katanya lagi, Kemenag akan terus melakukan pendampingan hingga penyelenggaraan selesai dilaksanakan.