Pujiyono Suwadi : HUT PERSAJA ke 73, Kejaksaan Hebat dan Humanis !

Nasional133 Dilihat

Jakarta- Ketua Komisi Kejaksaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Pujiyono Suwadi mengaku optimis seluruh jaksa dan pegawai Kejaksaan RI dari Sabang sampai Merauke mampu mewujudkan Kejaksaan Hebat dan Humanis.

”Pelayanan dan penegakan hukum Kejaksaan di era moderen dan keterbukaan informasi publik saat ini harus mampu diwujudkan, Kejaksaan Hebat dsn Humanis,” tegas Ketua Komisi Kejaksaan RI Pujiyono Suwadi dalam keterangannya dalam Peringatan HUT ke 73 Persatuan Jaksa Seluruh Indonesia (PESAJA) di Jakarta, Senin 6 Mei 2024.

Ulang Tahun ke 73 Persatuan Jaksa Indonesia (PERSAJA) di peringati secara serentak Kejaksaan RI di satuan kerja di seluruh Indonesia, Senin 6 Mei 2024.

Pujiyono Suwadi mengajak seluruh jaksa dan pegawai untuk meningkatkan kinerjanya dalam pelayanan dan penegakan hukum bagi masyarakat. Dia juga menghimbau agar menjaga marwah Kejaksaan dengan pola hidup sederhana, meningkatkan keilmuan, profesional, berintegritas dan berhati nurani.

“Kita harus mampu menjaga marwah penegakan hukum Kejaksaan dengan kinerja yang profesional, berintegritas dan berhati nurani. Kita dituntut untuk merawat kepercayaan masyarakat atas Kejaksaan yang selama ini mendapatkan penilaian yang begitu tinggi. Saya optimis Kejaksaan hari ini hingga esok adalah Kejaksaan yang hebat dan humanis,” tegas Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret, Surakarta ini.

Mengutip pesan Jaksa Agung, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar PERSAJA yang telah bekerja keras dan tidak kenal lelah bekerja dengan penuh integritas dan berdedikasi tinggi dalam menjalankan tugas dan fungsinya secara maksimal dengan menorehkan prestasi sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

PERSAJA bukanlah suatu organisasi profesi belaka, namun harus menjadi organisasi terdepan yang memiliki fungsi strategis dalam penegakan hukum. Organisasi yang mampu mengambil bagian penting sebagai garda pendukung kepentingan anggota dan Institusi Kejaksaan.

PERSAJA harus mampu mengisi ruang-ruang kosong yang tidak dapat dijangkau oleh institusi Kejaksaan secara kedinasan dalam memperjuangkan profesi Jaksa dengan segala lingkup. Maka dari itu, PERSAJA harus mampu berperan aktif sebagai motor penggerak dalam memajukan profesi Jaksa yang pada akhirnya akan ikut mendukung kemajuan institusi Kejaksaan yang kita cintai.

Dalam rangkaian kegiatan HUT PERSAJA ke-73 ini, digelar beragam tenant kuliner Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Selasar Gedung Utama Kejaksaan Agung bertajuk Pasar PERSAJA.

Pada podcast yang berlangsung di tengah acara, Ketua Umum PERSAJA Dr. Amir Yanto menyampaikan bahwa PERSAJA menggandeng sejumlah UMKM untuk dapat berpartisipasi pada HUT PERSAJA kali ini dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat dan usaha kecil.

“Pasar PERSAJA kali ini diselenggarakan guna mendukung upaya pemerintah, dalam melaksanakan program percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional sebagai tindak lanjut arahan Bapak Presiden Joko Widodo, terkait penyelenggaraan berbagai event yang dapat berdampak positif dalam perekonomian nasional,” pungkas Ketua Umum PERSAJA.

Sebagai informasi, Pasar PERSAJA menyediakan berbagai macam hidangan makanan atau minuman gratis khas Nusantara bagi seluruh Pegawai Jaksa dan Non-Jaksa di Kejaksaan Agung yang berjumlah kurang lebih 4.000 pegawai.

Adapun HUT PERSAJA tahun ini mengangkat tema “PERSAJA Siap Melaksanakan Transformasi Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas 2045”. Para Pimpinan Kejaksaan Agung dan Pengurus Pusat PERSAJA hadir untuk memeriahkan rangkaian acara dan Tasyakuran bersama seluruh pegawai. ( Karyadi )