Kajari Rohil Pimpin Upacara HBA ke-63, Sampaikan Amanat Jaksa Agung RI

Rohil126 Dilihat

Tekadnews.com,ROHIL- Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Yuliarni Appy, S.H., M.H., memimpin secara langsung upacara Peringati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63 tahun 2023, yang diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Kejaksaan Negeri Rohil.

Kegiatan upacara HBA ke-63 tahun 2023 dipusatkan dihalaman Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Rohil, Jalan Lintas Pesisir Sungai Rokan, Kecamatan Bangko, Rohil Provinsi Riau mengangkat tema “Penegakan Hukum yang Tegas dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional ” dimulai dengan menyanyikan Korp Adhyaksa, pengheningan cipta dan penutup doa.

Kajari Rohil Yuliarni Appy ikut membacakan amanat Kejaksaan Agung Republik Indonesia ST Burhanuddin.

“Hari Bhakti Adhyaksa yang kita peringati tahun ini jangan hanya dijadikan sekedar acara seremonial belaka, sudah selayaknya kita hayati sebagai momentum untuk melakukan evaluasi dan introspeksi atas semua pelaksanaan tugas dan fungsi dalam kurun waktu satu tahun terakhir, serta merumuskan strategi untuk kita laksanakan kedepan, demi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara,” disampaikan Kajari Rohil.

Yuliarni juga mengajak peringati HBA ke-63 itu dijadikan momen untuk berbenah diri, merapatkan barisan, untuk berkontemplasi dan menginternalisasi nilai-nilai Trapsila Adhyaksa yang merupakan landasan jiwa kejaksaan guna meningkatkan kecintaan terhadap pekerjaan dan institusi.

Upacara HBA ke-63 yang dimulai sekira pukul 18:30 Wib dipusatkan di halaman Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Rohil yang diikuti oleh seluruh pegawai, para Kasi dan staf di kejari Rohil terpantau berjalan dengan penuh khidmat.

Usai pelaksanaan memimpin kegiatan upacara HBA ke-63, Kajari Rohil Yuliarni Appy didampingi Kasi Intel Kejari Rohil Yopentinu Adi Nugraha SH saat di konfirmasi awak media ikut menyampaikan ucapan terimakasih kepada insan Pers yang ikut serta hadir dalam upacara tersebut.

“Terimaksih atas kehadiran teman teman media yang ikut serta hadir dalam upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 tahun 2023,” Sebut Yuliarni.

Kajari Rohil itu turut menyampaikan bahwa sebelum kegiatan upacara peringati HBA ke-63 itu dimulai, jajarannya telah mengikuti upacara tersebut secara online bersama Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, Kepala Kejaksaan Agung St. Burhanuddin yang diikuti oleh seluruh Kejaksaan mulai dari Kejaksaan Tinggi hingga Kejaksaan Negeri di seluruh Indonesia.

Beberapa pesan penting yang disampaikan Presiden serta tujuh program kerja prioritas Kejaksaan yang disampaikan oleh Jaksa Agung untuk tahun 2023 ikut disampaikan Kajari Rohil diantaranya berbunyi.

Pertama; Jaga netralitas personil dalam menyongsong tahun politik serta jaga stabilitas politik dalam pelaksanaan tugas dan kewenangan.

Kedua; Wujudkan pola penegakan hukum yang berkepastian, berkeadilan dan berkemanfaatan demi memperkuat ketahanan ekonomi nasional.

Ketiga; Hadirkan penegakan hukum yang humanis berlandaskan hati nurani serta nilai-nilai keadilan yang hidup dan berkembang di masyarakat.

Keempat; Percepat penyelesaian pengembangan organisasi serta tugas fungsi institusi yang menjadi amanat dari Undang-Undang Kejaksaan.

Kelima; Bentuk kesatuan pola analisis yuridis yang terstruktur dan terukur dalam setiap penyelesaian penanganan perkara.

Keenam; Kaji dan susun langkah-langkah strategis pasca perubahan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana maupun undang-undang baru lainnya yang berdampak pada tugas dan fungsi institusi.

Ketujuh;  Memperkuat pengelolan aset hasil tindak pidana guna optimalisasi pendapatan keuangan negara.

Sejalan dengan tema HBA ke-63 “Penegakan Hukum yang Tegas dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional” disini Kajari Rohil Yuliarni Appy kembali menyampaikan dengan tegas bahwa Kejaksaan Negeri Rokan Hilir kedepannya akan terus berbenah diri, tetap menjadi lembaga penegakan hukum yang bisa merebut kepercayaan masyarakat dan menjaga kepercayaan Publik.(Kar)