Disela Pawai Ta’aruf MTQ Ke XVlll , Kadis LH Suwandi Berikan Bingkisan Hasil Kreasi Daur Ulang

Rohil106 Dilihat

Tekadnews.com lROHIL, Disela kegiatan pawai ta’aruf MTQ yang ke-XVlll Tingkat Kabupaten Rokan Hilir,  Kepala Dinas lingkungan hidup Rohil Suwandi SSos Menyerahkan bingkisan hasil kreasi daur ulang sampah Dlh Rohil kepada Bupati beserta ibuk, dan Forkompinda Rohil, Minggu (17/12/2023).

Kepala dinas lingkungan hidup Rohil Suwandi SSos menyampaikan bahwa bingkisan yang diberikan kepada Bupati beserta Forkompinda Rohil tersebut adalah berupa hasil hasil daur ulang sampah yang ada di TPA Bagansiapiapi.

” Bingkisannya antara lain adalah berupa tas jinjing yang diproduksi dari hasil sampah bekas, kemudian ada pupuk organik ada 2 jenis ada pupuk cair dan pupuk kompos. Dan produk Ekoenzim, Ekoenzim ini banyak manfaatnya Disamping untuk pupuk, bisa juga digunakan untuk penyakit kulit dan sebagainya,” Jelas Suwandi.

Lanjut Suwandi, Jadi dengan adanya bingkisan ini, kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwasanya sampah sampah yang dihasilkan oleh masyarakat ini masih punya nilai ekonomis seperti yang kami lakukan di TPA Bagansiapiapi , itu sudah bisa memproduksi Sampah berupa pupuk sebulannya sudah hampir 1 ton , dan kemudian pendaurulangan plastik, baik itu botol maupun kemasan gelas  ini kita daur ulang kita Cacah dan kita pres dan hasilnya bisa kita jual kepada pengepul yang ada di provinsi sumatera Utara.

” Oleh sebab itu, kami pada kesempatan ini menghimbau kepada masyarakat untuk lebih proaktif membantu Pemda untuk mengurangi sampah dimulai dari rumah tangga, sampah rumah tangga yang dihasilkan oleh masyarakat itu harus didaur ulang mana yang bisa bernilai ekonomis jangan dibuang tapi dimanfaatkan kembali untuk barang barang yang mempunyai nilai ekonomis,” Kata Suwandi.